Ibu Siap Dukung Indonesia Menjadi Bangsa Maju 2045

Peran ibu begitu besar terhadap nasib suatu bangsa. Mengutip dari Instagram Pak Jokowi di momen hari ibu, beliau mengungkapkan peran ibu dalam kemajuan bangsa,

“Kaum perempuan membangun peradaban bangsa melalui pengasuhan anak-anak di dalam keluarga.”

Pak Jokowi

Begitu besar peran ibu untuk anak, keluarga, bahkan bangsa. Anak sebagai generasi penerus bangsa, mendapat pembelajaran pertama dari seorang ibu.

Ibulah orang yang pertama mengajarkan nilai-nilai kehidupan.

Namun entah mengapa, aku sering berjumpa dengan para ibu yang berkecil hati terhadap perannya. Banyak yang merasa minder, merasa tidak memilki andil dalam keluarga. Kenyataannya peran ibu sangat luar biasa.

Tak bisa dipungkiri, akupun pernah ada di titik itu. Merasa kecil hati dan minder dengan peranku. Terus gimana mengatasinya?

Pikiran negatif kaya gitu harus segera dihilangkan. Salah satu cara, dengan memberdayakan diri.

Ikut kelas-kelas parenting bersama para ibu lainnya, ikut lomba, ikut seminar, ikut talk show yang bisa menambah wawasan dan informasi.

Mendapat insight baru membuat aku lebih percaya diri. Bonusnya, kita bisa bersosialisasi dengan ibu lainnya dan berpeluang menyalurkan hobi.

Tanggal 18 februari 2021 lalu, aku berkesempatan ikut talk show bersama Sarihusada yang membahas pentingnya zat besi untuk tumbuh kembang anak. Pembicara yang hadir yaitu:

  • Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK – Dokter Spesialis Gizi Klinik dan President of Indonesian Nutrition Association (INA)
  • Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Psikolog Anak & Keluarga
  • Alyssa Soebandono – Selebriti dan Bunda dari 2 Anak
  • Astrid Prasetyo – Marketin​g Manager SGM Eksplor

Bahasan soal tumbuh kembang anak tidak pernah membuat aku bosan. Aku selalu antusias tiap kali ada acara yang mengangkat tema ini.

Buatku, hal ini bisa menambah bekal dalam mengasuh anak serta mendapat informasi terkait isu-isu yang hangat dibicarakan.

Seperti yang kita ketahui, kejadian kekurangan zat besi di masyarakat Indonesia masih menjadi masalah yang harus dituntaskan.

Menjawab tantangan tersebut, Sarihusada sebagai industri di bidang pangan mengadakan serangkaian kegiatan talkshow untuk mengedukasi masyarakat terutama para ibu untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

PENTINGNYA ASUPAN GIZI YANG LENGKAP

Untuk menjalankan fungsinya, tubuh membutuhkan asupan gizi yang tepat dan seimbang.

Omong-omong, taukah bunda slogan 4 sehat 5 sempurna sudah tidak berlaku lagi?

Sekarang kita mengenal prinsip gizi seimbang. Mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi pangan bervariasi dan tepat jumlahnya. Sebagai gambaran, Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK memberikan rekomendasi isi piringku berikut ini.

Variasi dan jumlah makanan yang kita konsumsi, diharapkan mampu mencukupi kebutuhan tubuh.

Jika tubuh kekurangan salah satu asupan, kompensasinya bisa timbul masalah.

Contoh, ketika tubuh kekurangan zat besi maka kita berisiko mengalami anemia, gangguan tidur, kemampuan otak bisa menurun, bahkan potensi prestasi anak bisa tidak tercapai.

Kok bisa ya kekurangan zat besi?

Salah satunya karena kekurangan asupan zat besi dan asupan vitamin C.

Mengapa demikian?

Faktanya, zat besi yang kita konsumsi berbentuk Fe3+ sementara supaya bisa dimanfaatkan tubuh, zat besi harus diubah jadi Fe2+ . Vitamin C-lah yang membantu merubah Fe3+ jadi Fe2+. Kalau vitamin C ga cukup, maka proses menyerapan zat besi bisa terganggu.

Seketika, jadi inget pelajaran kimia SMA? Hehe..

PENTINGNYA STIMULASI YANG TEPAT

“Anakku makannya cukup. Porsinya sesuai rekomendasi isi piringku, berat badannya juga ideal. Aman dong harusnya? Tapi kok sepertinya tumbuh kembangnya belum maksimal ya.”

Kira-kira kenapa nih, bun?

Jadi, selain asupan bergizi, anak butuh stimulasi yang tepat.

Dalam kesempatan kemarin, Mba Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Psikolog Anak & Keluarga membagikan cara stimulasi Si Kecil berdasarkan 5 potensi prestasi berikut ini:

Tumbuh Tinggi

  • Beri ruang aman untuk bergerak.
  • Perbanyak aktivitas fisik, kreatiflah.
  • Libatkan dalam kegiatan rumah tangga.
  • Ajari aktivitas bantu diri.

Berpikir Cepat

  • Ajak mengobrol
  • Bacakan buku
  • Ajak mengamati lingkungan
  • Ajari bicara
  • Bermain teka-teki

Percaya Diri

  • Buat relasi hangat
  • Beri kesempatan memilih
  • Beri pujian spesifik pada perilakunya
  • Dorong untuk hadapi kesulitan
  • Kurangi celaan dan kemarahan berlebih

Aktif Bersosialisasi

  • Rajin lakukan kontak mata
  • Ajak si kecil mengobrol menggunakan bahasa utama
  • Ajari menebak emosi orang lain
  • Lakukan roleplay

Tangguh

  • Bersabar menunggu si kecil berproses
  • Beri konsekuensi dari perbuatan
  • Tingkatkan target kemampuan bertahap, beri apresiasi
  • Jadi contoh pribadi Tangguh
  • Ajari cara mengatasi stress.

Dukungan Sarihusada untuk Para Ibu

Mengutip dari Ibu Sri Mulyani, Indonesia bisa jadi negara maju dengan beberapa syarat salah satunya dengan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk itu, Sarihusada mengadakan rangkaian acara yang memfasilitasi para ibu agar siap mendukung si kecil jadi generasi maju. Bunda bisa cek situs www.generasimaju.co.id. Di sana ada platform Sekolah Generasi Maju yang berisi informasi dan tips stimulasi.

Bunda bisa analisa potensi prestasi anak dengan cara mengikuti tes dan menjawab pertanyaan, nantinya kan keluar hasil dan saran stimulasi untuk bunda dan si kecil.

Tidak sampai di situ, Sarihusada baru-baru ini membuat inovasi produk yang menggabungkan zat besi dengan vitamin C sehingga penyerapan zat besi bisa maksimal.

Dilengkapi minyak ikan, protein, kalsium, vitamin D, serat pangan, dan zink. Penasaran sama produknya??

Langsung aja aku kasih tau, taraaa namanyaaaa…

SGM Eksplore Pro-gress Maxx

Merupakan susu pertumbuhan terfortifikasi paling baru yang dikeluarkan oleh Sarihusada.

Jangan lewatkan online festival generasi maju yang berisi rangkaia acara dan aktivitas menarik. Silahkan bunda cek informasinya di website dan Instagram @akuanakSGM

Semoga bermanfaat…

 #SGMEksplor #ProgressMaxx​ dan ​#IronCuntukGenerasiMaju​

22 thoughts on “Ibu Siap Dukung Indonesia Menjadi Bangsa Maju 2045

  1. Sangat setuju sekali masa depan bangsa ada ditangan anak yang meneruskan estafet. Jadilah generasi penerus yang punya kualitas tinggi, smart dan pintar.

    Like

  2. Peran Ibu dalam peningkatan kualitas bangsa Indonesia amatlah penting, karena dimulai dari Ibulah seorang anak dikembangkan dengan semaksimal mungkin dalam pertumbuhan, kesehatan, kecerdasan, empati dan semua pelajaran hidup dimulai.

    Like

  3. nah kadang yang suka terlupa adalah pemenuhan vitamin c yang ternyata sangat penting dalam membantu penyerapan zat besi yaa…
    efeknya ga sederhana ya klo generasi kita terkena anemia..jd harus banget semua ibu aware soal pemenuhan zat besi ini

    Like

  4. Jadi 4 sehat 5 sempurna sudah ga berlaku lagi ya mbak. Aku jadi ingat ketika SD selalu digaungkan slogan itu. Memang sekarang gizi seimbang itu yang terpenting ya mbak. Apalagi anak kecil itu masanya tumbuh kembang

    Like

  5. Punya byk pengetahuan soal nutrisi dan gmna caranya menyiapkan anak-anak kita tumbuh kembang normal dan memiliki kemampuan yg baik adalah suatu usaha bagi ortu ya. Caranya gmna, yah rajin2 cari pengetahuan seperti mengikuti webinar (gina)

    Like

  6. Setuju banget dengan pernyataan pak Jokowi bahwa “Kaum perempuan membangun peradaban bangsa melalui pengasuhan anak-anak di dalam keluarga.” Maka dari itu perempuan atau ibu penentu masa depan anak, tentunya didukung juga dengan pasangan atau suami juga.

    Like

  7. Wah aku kemarin juga ikutan webinar ini. Banyak banget insight yang didapat ya terutama tentang pemenuhan gizi anak dan memberi stimulus yang tepat terutama di situasi pandemi seperti sekarang. Langsung kuterapkan nih di rumah.

    Like

  8. sebagai ibu, peran pentingnya memang mendidik generasi emas bangsa ya mbak
    makanya penting banget bagi seorang ibu untuk memberikan stimulasi yg tepat dan asupan gizi yg optimal bagi anak anaknya

    Like

  9. Setuju sama bu Menkeu, Indonesia akan jadi negara hebat dimulai dengan peningkatan kualitas SDM yang berawal dari kecukupan gizi yaa, jangan sampai malnutrisi

    Like

  10. Sarihusada selalu konsisten dengan visi misinya membantu perkembangan anak bangsa. Semoga kita sebagai orang tua juga semakin bertambah ilmunya

    Like

  11. Stumulasi yang tepat dan sering akan membantu perkembangan anak. Menciptakan anak yang unggul dimasa depan maka kita harus mempersiapkan diri juga untuk tidak pernah berhenti belajar mengenai dunia parenting dan belajar asupan gizi dan stimulasi pada anak

    Like

  12. Sebab peran ibu yang besar sebagai calon ibu, selain baca dari pengalaman kakak-kakak blogger tentang berumah tangga daku juga sambil membaca artikel parenting ini, biar punya bekal mantapnya nanti

    Like

  13. Dulu saya pikir cuma orang dewasa saja yang bisa terkena defisiensi besi tapi ternyata anak-anak juga berpotensi terkena. Sejak itu saya jadi perhatian banget sama asupan makan anak saya mba, kasihan kalau sampai kekurang zat besi karena anak kecil itu kan lagi dalam proses tumbuh kembang. Kalau kekurangan zat besi pasti pertumbuhannya ikut terganggu.

    Like

  14. Wah, aku baru tahu selain zat besi ternyata anak butuh asupan vitamin C juga ya untuk penyerapan zat besi. Noted deh, jadi makin terbuka pikirannya soal nutrisi anak. Terima kasih kak..

    Like

  15. Iya, seringkali yang bikin posisi rendah/menganggap sepele fungsi “Ibu” itu kaumnya sendiri. Padahal dari urusan kesehatan fisik, psikis, mental, ketangguhan anak-anak semua bermula dari Ibu. Abis baca ini jadi ikut semangat, bawaanya pengen beli jeruk dan sayur. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s