Pengalaman Menyusui Saat COVID-19

Halo semua, aku mau cerita pengalamanku saat terkena COVID-19. Sebagai ibu menyusui, aku panik. Nyari info sana sini, waktu itu masih sulit, orang belum berani speak up dan jujur kalau terkena COVID-19.

Pengalaman dan sharing soal menyusui saat COVID masih jarang dibahas.

Begitu terkonfirmasi positif COVID, pikiranku melayang kemana-mana. Bagaimana anakku nanti? Siapa yang urus? Ini masih boleh menyusui apa ga ya? ASI nya lanjut apa nanti ganti sufor? Aku harus bagaimana…

Begitu banyak pertanyaan muncul saat menerima hasil bahwa aku POSITIF COVID-19 dengan swab PCR.

Mau cry kalau inget itu. Langsung kebayang, harus isolasi dan bakal lama ga bisa ketemu anak. Huhu..

Ehhhh STOP! STOP!!

Ga boleh sedih-sedih. Orang kena COVID itu harus optimis, semangat, dan happy. Ga boleh stress! Huhu

Lanjut cerita, saat aku kena COVID-19, anakku berusia 14 bulan. Masih ASI. Dan kebetulan selalu menyusui secara langsung dari payudara (direct breastfeeding). Saat itu, aku kesulitan menemukan informasi soal COVID-19 dan menyusui.

Masih sedikit artikel atau rekomendasi soal menyusui dan COVID. Apalagi sharing pengalaman tentang menyusui dan COVID, aku browsing sana-sini ga ketemu.

Karena itu, aku mau sharing pengalaman yang menurutku sangat berharga ini untuk teman-teman. Aku akan cerita soal COVID-19 dan menyusui. Semoga bermanfaat. Silahkan disimak!

Apakah ASI Menularkan COVID-19 ke Anak??

Jawabannya, TIDAK!

ASI TIDAK MENULARKAN COVID-19.

Sampai saat ini penelitian menunjukkan, ASI tidak menularkan COVID-19. Tidak ditemukan virus COVID-19 dalam air susu ibu yang terkonfirmasi positif COVID.

Jadi jelas ya buk-ibuk, ASI tidak bisa menularkan COVID-19 dari ibu ke anak.

Lalu bagaimana penularan COVID-19? Saat ini, COVID-19 dinyatakan menular melalui droplet. Namun, ada juga yang menyatakan COVID bisa menular melalui airborne/udara. Yang intinya COVID-19 bukan ditularkan dari ASI ke anak.

Apakah Ibu yang Positif Boleh Menyusui?

Boleh.

Berdasarkan rekomendasi WHO, maka ibu suspect COVID-19 dan ibu yang terkonfirmasi positif COVID-19, boleh melanjutkan proses menyusui. Kutipan rekomendasi WHO aku lampirkan di bawah ini:

“Based on available evidence, WHO recommendations on the initiation and continued breastfeeding of infants and young children also apply to mothers with suspected or confirmed COVID-19.”

WHO 2020

Terus gimana kalau ibunya ga kuat? Kalau ibunya bergejala berat?

Yes, balik lagi semua tergantung kondisi ibunya. Apakah ibunya kuat? Ibunya mengalami gejala COVID-19 ringan, sedang, atau berat?

Kalau ibunya merasa tidak kuat dan menderita gejala COVID berat, maka ASI tetap diberikan dengan cara diperah. Sampai kondisi ibu memungkinkan, sampai si ibu siap, mau, dan kuat untuk menyusui langsung.

Dari pengalamanku kemarin, aku memilih untuk tetap memberikan ASI perah ke anakku. Aku juga sempat konsultasikan hal ini ke dokter, dokter mendukung keputusan yang aku ambil.

Kalau boleh jujur, di awal aku terkonfirmasi COVID, aku belum berani untuk menyusui langsung. Walaupun diperbolehkan. Aku merasa lebih tenang anakku dititip ke mertua dan mba.

Asi Perah saat aku merasa tidak kuat menyusui secara langsung dikarenakan gejala COVID-19

Alasanku, karena gejala COVID-19 yang aku rasa cukup membuat aku pusing berat, keliengan, nafas pendek, dan lemas. Aku khawatir tidak bisa memegang anakku dengan baik dikarenakan kondisiku yang lemah.

Setelah aku keadaanku jauh membaik dan sudah berkonsultasi dengan dokter, maka pada hari ke-10 aku memutuskan kembali menyusui secara langsung.

Ini adalah momen haru buat aku. Setelah terpisah dengan anak selama 10 hari. Akhirnya, bisa kembali bertemu dan aku susui langsung.

Awalnya cukup deg-degan. Namun, aku berusaha tetap tenang dan mengikuti protokol kesehatan yang disarankan oleh dokter dan SATGAS ASI. Apa saja yang aku lakukan ketika menyusui langsung dan masih terkonfirmasi positif COVID-19??

Apa Yang Dilakukan Jika Tetap Ingin Menyusui Langsung Saat Terinfeksi COVID-19?

Menurut beberapa sumber seperti WHO dan SATGAS ASI IDAI, jika ibu ingin menyusui secara langsung, maka wajib memakai masker, mencuci tangan, membersihkan permukaan yang disentuh dengan desinfektan, dan menerapkan etika batuk dan bersin, seperti pada penjelasan di bawah ini.

Penjelasan mengenai COVID-19 dan menyusui

Saat aku masih terkonfirmasi positif namun sudah mampu menyusui langsung, aku hanya kontak dengan anakku saat menyusui. Kemudian, setelah disusui kembali diberikan ke pengasuh.

Kemarin aku menggunakan masker 3 lapis (3 ply) lalu didouble. Jadi maskernya pakai 2 gitu, loh. Untuk make sure agar lebih terlindungi.

Setiap selesai menyusu, anakku langsung diganti bajunya oleh pengasuh, dilap mukanya, tangan, dan kaki (bagian-bagian yang terbuka, tidak tertutup baju).

Dukungan Untuk Ibu Menyusui yang Terinfeksi COVID-19

Apa pun yang terjadi, ibu pasti tau apa yang terbaik untuk anak dan keluarganya. Keputusan apa pun yang ibu buat adalah hal yang baik.

Semangat ya!! Ga usah stress. Minta bantuan orang lain bila ibu merasa butuh bantuan. Meminta bantuan orang lain ga ada salahnya loh.

Oiya, walaupun terkena COVID, jangan lupa selalu bersyukur. Bersyukur membuat kita lebih ikhlas dan semangat.

Harus makan yang banyak, rajin dan rutin minum vitamin dan obat yang diberikan oleh dokter. Makan buah, minum jus, dan minum air putih yang cukup. Banyak istirahat dan tidur yang cukup. Nonton film yang lucu-lucu. Video call sama orang terkasih. Serta berdoa.

Setiap ibu punya pilihannya masing-masing. Kalau ada yang memilih untuk tetap menyusui langsung. It’s oke. Selama ibu mau, sanggup, dan bisa menjaga kebersihan. Kalau ibu belum kuat dan belum mau menyusui langsung? Ga apa-apa. Semua tergantung pilihan ibu.

Stay safe, everyone!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s