Pengalaman Konsultasi Dengan Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, SpA(K)

Hai Moms, kali ini aku mau cerita pengalaman konsultasi ke dokter spesialis anak sub spesialis Gastroenterologi Anak. Untuk sebagian orang mungkin sudah kenal dengan Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, SpA(K).

Prof Agus Firmansyah SpA(K)
Ini foto Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, SpA (K) dan anak saya Nathania

Yang penasaran sama Prof Agus, bisa lihat foto di atas. Anak saya (Nathania) sedang berfoto dengan Prof Agus, dokter kesayangannya.

Alasan Konsultasi

Pertama kali konsultasi dengan beliau, anak saya berusia 1 tahun 2 bulan dengan berat badan menyedihkan. Berat badannya saat itu hanya 8,5 kg.

Jika di lihat, berat badan dengan umur maka berat 8,5 kg itu ada di posisi (-2) dari Kurva Pertumbuhan. Mepet banget sama garis paling bawah. Bikin deg-degan. Takut stunting.

Pokoknya senewen deh saya tiap bulan ngecek berat badan kok ga naik-naik. Atau naik tapi yaampun sereeet banget, Moms. Ada ga sih yang kaya saya?

Atas dasar itu, saya berikhtiar mau cari dokter anak yang bisa konsultasi masalah berat badan dan pencernaan. Karena anak saya punya riwayat alergi susu sapi juga.

Sebenarnya sih tiap vaksin selalu ke dokter anak tapi dokter anak saya sebelumnya, selalu bilang masih aman berat badannya. Kasih makan aja yang banyak, bu.

Akhirnya tanya sana-sini dan browsing di internet, ketemu nama Prof. Agus. Pas nyari tempat prakteknya, ternyata ada praktek di Hermina Bekasi, RSCM Kencana, dan Hermina Grand Wisata. Kebetulan rumah saya di Bekasi, jadi saya memutuskan ke Hermina Bekasi.

Kemajuan Pesat

Saat diperiksa oleh Prof Agus, memang benar anak saya ada alergi susu sapi. Harus pantang makan minum yang mengandung susu (bolu, roti, biskuit, dan lain-lain), serta produk turunannya kaya keju dan yoghurt.

Lalu, Prof Agus bilang, jadwal makan wajib teratur dan dikasih vitamin racikan isinya Vitamin C, Vitamin B, dan Heptasan.

Jadwal makan wajib teratur, porsinya dinaikin sedikit-sedikit, minum vitamin yang saya kasih. Nanti kontrol lagi bulan depan.

Prof Agus

Tau ga Moms??? BERAT NYA NAIK!!!

Sebulan setelah itu, pas kontrol lagi ke Prof Agus, beratnya jadi 9 kg. Naik 500 gram. Keliatannya sedikit ya? Buat saya itu mukjizat. Naik 500 gram sebulan itu udah anugerah banget.

Lalu, Prof Agus minta saya untuk konsultasi setiap 2-3 bulan sekali untuk memantau berat badannya.

Prof Agus memberikan saya target, “Kita kejar ya bu. Umur 2 tahun Nathania beratnya 12 kg. Bisa oke?”

Saya dengan semangat 45 menjawab, “Siap prof. Bisa!!”

Hahahha modal semangat dan tekad yang kuat, akhirnya tepat di usia 2 tahun, Nathania konsul ke Prof Agus dan ditimbang beratnya 12,5 kg.

Akhirnya mencapai 12,5 kg di usia 2 tahun

Sujud syukur!!!!

Melebihi target Prof Agus. Ya Tuhan.. senang sekali rasanya.

Tau ga berat anak saya sekarang berapa??

14 kilogram di umur 2 tahun 6 bulan. Hebat kan? Naiknya kurang lebih 5 kilogram! Sujud syukur dan terima kasih kepada Prof Agus.

Rasanya saya mau cerita ke semua orang. Mau saya bagikan pengalaman ini ke semua ibu-ibu yang berat badan anaknya stuck dan merasa terintimidasi oleh lingkungan sekitar karena anaknya kurus atau ga naik-naik berat badannya.

Coba deh Moms, konsultasi ke Prof Agus. Mungkin kalian bisa mendapatkan solusi seperti saya. Oke selanjutnya saya mau bahas gimana cara konsul ke Prof Agus.

Cara Daftar Ke Prof Agus

Seperti yang saya sebut diatas. Prof Agus praktik di beberapa tempat, yaitu RSCM Kencana, Hermina Bekasi, Hermina Grand Wisata.

Di RSCM Kencana, beliau praktik pagi yaitu jam 8 pagi. Kalau mau konsul di RSCM harus janjian dengan cara telepon RSCM Kencana dahulu sehari sebelumnya. Prof Agus praktik di sana cuma sebentar dan kadang ga praktik kalau ga ada yang janjian. Selebihnya sibuk ngajar di FKUI.

Sementara di Hermina Bekasi beliau praktek Senin sampai Jumat jam 16.00 WIB sampai selesai. Sementara hari Sabtu praktik pagi dari jam 08.00-11.00 WIB.

Di Hermina Bekasi ada sistem pendaftaran khusus untuk pasien yang mau ke Prof Agus. Kita harus datang langsung untuk mendaftar.

Terutama untuk yang mau dapat antrian awal wajib datang sebelum jam 14.00 WIB. Moms udah harus nunggu di tempat pendaftaran lantai 3 depan poli eksekutif anak.

Biasanya udah ada beberapa Moms/Dad lain yang udah nunggu sebelum jam 14.00 WIB. Nanti kita inget-inget kita datang jam berapa.

Jam 14.00 WIB saat antrian pendaftaran ke Prof Agus dimulai kita udah ngantri sesuai kedatangan. Nanti sama petugas di kasih nomer antrian berdasarkan antrian kedatangan yang tadi.

Setelah itu, jam 15.00 WIB dipanggil lagi. Nah jangan sampe ga ada pas dipanggil ya. Soalnya nanti nomer antrian yang kamu pegang bisa hangus.

Prof Agus sendiri jadwal praktiknya jam 16.00 WIB tapi sepengalaman saya, ga pernah datang jam 16.00 hehe selalu mulai dipanggil jam 17.00 WIB.

Karena rumah saya di Bekasi juga. Pas pendaftaran, saya ga bawa anak, kadang saya minta tolong suami atau orang rumah. Barulah setelah jam 17.00 WIB, saya datang sama anak.

Kalau tadi cerita konsul sebelum pandemi Cobid-19 melanda.. nah kalau sekarang gimana?

Selama pandemi, konsultasi dengan Prof Agus dilakukan dengan telemedicine. Saya sempat konsultasi melalui telemedicine Hermina Bekasi . Caranya daftar telemedicine yaitu hubungi bagian telemedicine melalui Whatsapp di nomer +62 812-1940-2450. Lalu, informasikan ingin konsultasi dengan Prof Agus.

Lakukan pembayaran dan ikuti instruksi cara pembayarannya. Kirim bukti pembayaran. Kemudian, link zoom akan dikirim beberapa jam sebelum jadwal konsultasi. Siapkan koneksi yang baik yaa. Dan kalau bisa pake headset supaya suaranya lebih jelas.

Kesan Selama Konsultasi

Prof Agus adalah dokter anak favorit saya. Kenapa? pertama, beliau bisa bantu saya naikin berat badan anak saya yang susaaaah banget naiknya.

Kedua, beliau ini pembawaanya lucu banget. Kalau sama anak-anak ramah dan cara ngomongnya dibuat kaya anak-anak. Jadi si anak ngerasa ngobrol sama temen.

Suasana pas diperiksa jadi santai dan ga takut. Apalagi ruangannya Prof Agus di Hermina Bekasi lucu ada wallpaper Nemo hehe Nathania suka.

Prof Agus kalau ngasih arahan ke orangtua sangat jelas. Enak banget. Nathania dibikinin jadwal khusus untuk makan. Lalu dikasih rekomendasi snack yang bebas kandungan susu (karena Nathania ada alergi susu sapi).

Pokoknya mau curhat atau mau nanya apapun soal anak, pasti di jawab sama Prof Agus. Cuma.. antrian ke Prof Agus ini yaampun puanjang! Hahha makanya harus tau cela-nya. Datang ke Hermina Bekasi sebelum jam 2 dan standby di lantai 3 tempat pendaftaran Prof Agus. Pasti cepet.

Oh iya, enaknya lagi, Prof Agus pembawaanya santai. Ga bikin panik. Ga nakut-nakutin. Tapi ngasih solusi.

Terbukti anak saya berat badannya langsung naik. Dan sampai sekarang jadi lancar makannya. Jadi suka makan.

Baca juga cerita pengalaman saya menaikan berat badan anak. Ada cara yang saya lakuin, jadwal makan, sampai menu makannya. Baca disini

18 thoughts on “Pengalaman Konsultasi Dengan Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, SpA(K)

  1. hi mba. salam kenal.
    mba ke RS hermina bekasi barubaru aja kah? penuh gak ya disana? pengen nyoba ke dokter agus krn baby aku 2 bulan sepertinya asam lambung nya suka naik setiap habis disusukan. meringis terus. tp khawatir krn pandemi.

    hermina bekasi nerapin batas max pasien gak ya?

    Like

    1. Halo mba. Selama pandemi Prof Agus tidak praktek. Kalau mau konsultasi via telemedicine. Coba aja hubungi whatsapp PIC telemedicine hermina bekasi di nomer 0812-1940-2450.

      Tapi kalau masih 2 bulan wajar mba. Coba terapi posisi dulu. Minimal sejam setelah minum baru bisa diposisikan tidur. Coba dulu terapi posisi. Dulu anak saya juga sering muntah dan gumoh waktu bayi, terapi posisi secara konsisten hasilnya baik

      Like

  2. hi mba jasmine. maaf baru bls, baru tauu kalo comment ku di balas (happy ^.^ )
    makasih banyak mba infonyaa.

    terapi posisi itu di tidurkan lebih tinggi kepala kah? banyak yg bilang disendawakan gendong berdiri itu. tapi bayi aku setiap disendawakan selalu terbangun segaar. jadi proses tidur menyusu nya ngulang dr awal. kadang kasian jd anak nya gak tidur 😦

    anyway, qku nanti coba tlpn ke contact yang dikasih mba jasmine ya. makasih banyaak..

    Like

    1. Sama-sama, Mba Farah. Semoga bermanfaat ya 🙂

      Yes, terapi posisi itu dari pinggang ke kepala 60 derajat, mba. Jadi bukan cuma kepalanya aja yg lebih tinggi. Tp dari pinggang ke atas.

      Ga usah dibangunin mba, pakein bantal aja disanggah-sanggah, bikin yang nyaman. Anakku juga gitu.

      Like

  3. Mbak anakku laki2 14bln bb nya 8.5kg. Udah bingung mau ngapain lg. Kemarin sempet berhasil bikin dia mau makan, dari yg sakit turun bb nya ke 8.3kg naik lg 2ons, dengan cara no nenen kecuali jam tidur. Tapi saya lengah, saat anak udah mau mulai makan eh malah saya yg jadi kasih nen mulu dia sampe bablas skrg ga mau makan lg. Anak saya jg alergi susu sapi mbak, cemilanya suka saya kasih biskuit yg ada susunya, aku kira udh gpp diksh turunannya secara ga langsung susunya. Tapi berakhir kulitnya makin kering karna eksimnya. Apa aku pantang dl ya makanan yg ada susu2nya. Emg nya ngarush ga si mbak antara alergi susu sapi sama nafsu makannya dia?

    Like

  4. Hai Mba Belinda. I feel you. Emang susah bgt kalau anak maunya nenen tapi makannya susah.

    Kalau aku, aku pantang dulu mba susu sapi dan turunannya. Tiap 6 bulan aku cobain lagi kasih biskuit yg ada susunya. Kalau masih alergi stop. Coba lagi pas umur 2 tahun.

    Ngaruh sih mba di anakku. Kalau lagi alergi perutnya kembung, begah gitu. Jadinya selera makannya turun 😦
    Makanya aku bener2 pantangin, mba.

    Like

  5. Ka shady, trus si dd pas masih umur 6-12 itu baby.a mnum sufor apa.. kan udah ketahuan alergi

    Trus mknan selingan yg ga mengandung susu kk ksih apa

    Like

  6. Baca blognya mam shadyjasmin bikin mewek tiba2 sedih inget sm prof. Agus. Anak qu jg dd bayi sampai skrg umur 7 thn slalu berobat ke prof. Agus. Tp sejak pandemi memank tdk prnh berobat lg. Dan denger kabar sedih ini. Smoga Prof. Agus mendapatkan Surga terbaik didisisi Allah SWT. Aamiin

    Like

  7. Halo mbak Shady Jasmin, bolehkah minta info biaya konsultasinya? saya ekonomi pas pasan, biar bs mengumpulkan uangnya dulu, uda bingung mau cari solusi apa lagi buat anak saya yg usia 5 tahun, mengalami konstipasi berat uda selama 1 tahun ini. Pernah ke dokter anak tp bukan spesialis pencernaan,

    Like

    1. Halo Mba Dwi. Telemedicine di hermina dgn prof agus dulu Rp 286.000,- kalau datang langsung sekitar 410 ribu.

      Namun, saat ini saya harus menyampaikan berita duka, prof agus telah meninggal dunia tgl 24 maret kemarin, mba.

      Rumah mba dimana? Mungkin saya bisa rekomendasikan dokter subspesialis pencernaan anak lain mba jika mba butuh.

      Like

  8. Hi, mam… Salam kenal sesama fans garis keras opung Prof. Agus. Sejak anak”ku masih bayik (saat ini sdh kuliah) berkunjung ke Prof. Gegara masalah gastro. Dan las deh dtg konsult ke Prof. Daaan… Brita duka dtg kemarin. Sang Legend telah berpulang ke Rahmatullah, mb…. Lahu Fatihah….

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s