Cara Menaikan Berat Badan Anak

Hai Moms, saya mau cerita pengalaman saya menaikan berat badan anak yang susaaah banget naiknya.

Berhasil naik 5 kg

Awalnya, berat lahir normal. Asi lancar. Sampai tiba waktu MPASI. Mulailah berat badannya susah naik. Periksa ke dokter, selalu dibilang masih normal. Padahal beratnya seret banget.

Sampai akhirnya, di usia 1 tahun 2 bulan. Saya sangat khawatir. Di kurva pertumbuhan, berat badan dan usia anak. Posisi anak saya sudah di titik (-2) kurva pertumbuhan. Nyaris menyentuh garis batas terbawah kurva.

Akhirnya setelah saya cari dan browsing sana-sini, tanya sana-sini, ketemu lah Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, SpA(K). Cerita konsultasi dengan Prof Agus, bisa dibaca di sini

Fyi, anak saya awal konsul berat badan 8,5 kg umur 1 tahun 2 bulan. Umur 2 tahun berhasil mencapai angka 12,5 kg. Dan sekarang 2 tahun 6 bulan bertanya 14 kg. Wow!!

Jadi apa yang Prof Agus sarankan dan saya lalukan sampai berhasil menaikan berat badan anak saya??? Simak ya!

Niat Kuat Dan Semangat Tinggi

Kenapa? karena ini ga mudah Moms. Butuh niat yang kuat dan pantang menyerah. Semangat harus tinggi supaya bisa konsisten tiap hari menjalankan program kenaikan berat badan ini.

Yuk diniatin dulu yuk. Berdoa dan minta bantuan suami, atau bantuan ibu atau mertua atau asisten rumah tangga.

Jadwal Makan On Time

Ini penting banget. Ini adalah kunci! Pokoknya wajib ikutin jadwal makan ini setiap hari. Ga boleh kelewat sedetik pun.

Contoh jadwal dan menu makan

Makan pagi, siang, dan malam wajib ada unsur karbo, protein hewani, protein nabati, dan sayur. Wajib ya, Moms. Untuk snack bisa buah, agar-agar, biskuit, dll.

Buat jadwal makan dan menu untuk seminggu supaya ga kebingungan mau masak apa.

Jangan lupa menaikan porsi makan anak secara perlahan. Jangan tiba-tiba!

Buat Makanan Yang Enak

Menyesal dulu kalau ngasih makan anak suka takut-takut. Ngasih garam gula takut. Ngasih bumbu dapur takut.

Ternyata Moms, anak itu suka makanan yang enak loh. Coba aja, kita aja pengen makanan yang aromanya sedap, yang berasa bumbunya, masa anak kita dikasih makan anyep. Ya gamau lah.

Dari MPASI udah bisa loh kita bikin yang enak-enak. Contohnya soto ayam. Bikin bumbu sendiri, pakai kunyit, pakai daun salam, sereh, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, bawang putih. Pokoknya yang sedap.

Tinggal garamnya aja yang kita ukur menyesuaikan dengan umur Si Kecil. Untuk bumbu dapur kita bisa buat sesedap mungkin. Duh ngebayangin soto ayam saya jadi pengen hehe.

Semenjak anak saya dimasakin makanan yang enak-enak, dia lahap loh. Menu kesukaannya ikan kembung goreng (ikan nya udah saya bumbuin sedap pokoke).

Selain itu, anak saya suka banget sop buntut. Terus menu anti tolak berikutnya adalah nasi uduk. Bikin yang sedep yang wangi. Dijamin anak lahap.

Kurangi Konsumsi Susu

Kebanyakan orangtua sering memberikan susu ke anak kalau anaknya gamau makan. Dikasih aja minum susu sampe berliter-liter dalam sehari.

Ternyata hal ini makin membuat anak ga mau makan, Moms. Anak jadi merasa kenyang dengan minum susu, ya jelas jadi ogah makan.

Prof Agus membatasi anak saya hanya boleh minum susu sehari maksimal 500 ml. Tidak boleh lebih!!

Minum Vitamin

Coba konsultasi ke dokter anak masing-masing. Minta dikasih vitamin. Nah kalau saya, dikasih vitamin racik dari Prof Agus. Silahkan Moms konsul ke dokter anaknya.

Saya mau sharing apa aja vitamin yang dikasih ke anak saya selama program pengemukan badan ini.

Pertama, vitamin racik dari Prof Agus. Kedua, vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, namanya Imunped isinya Zink dan Vitamin C. Lalu, Suplemen Zat Besi untuk mencegah defisiensi zat besi.

Tidur Cukup

Nah kalau jadwal makan udah teratur, mudah-mudahan tidurnya juga ikut teratur. Kalau masih susah juga, coba dikasih kegiatan yang menguras tenaga.

Contohnya, berenang dan main air. Semenjak anak saya rutin berenang. Wah selain tidurnya lebih nyenyak dan teratur, makannya juga jadi lahap.

Goodluck Mommy, semoga berhasil menaikan berat badan anaknya. Semoga bisa sukses ya. Amin.

Untuk sukses, lakukan dengan penuh niat dan sungguh-sungguh. Ga ada yang instan, semua butuh proses. Dan lakukan bersamaan ya, jangan cuma satu tips dari saya yang diikutin.

Semoga bermanfaat!

5 thoughts on “Cara Menaikan Berat Badan Anak

  1. mams saya senang sekali sharingnya karena beberapa kali baca sharing tentang menaikkan bb anak cenderung muaranya ke susu kalori tinggi terus, baru sharing mam yg saya baca konsisten ke pola makan. Anak saya juga sedang program meningkatkan BB dengan pola makan yg mengikuti ukuran kalori ideal, tidak dengan susu tinggi kalori. 2 bulan ini Sudah ada peningkatan BB tapi tidak sedrastis bila menggunakan susu tinggi kalori. Apakah memang seperti itu mam prosesnya tidak bs cepat? Yang berbeda antara kita adalah anak saya lahir BBLR cuma 2.48 jadi memang lahir udah di garis batas hijau muda dan kuning, begitu turun masuk garis kuning… jadi nga bs setenang ibu2 lain yg walopun udah motong garis tapi masih di grafik hijau

    Like

    1. Hai Mba Wulan. Iya mba, menurut saya, akar masalahnya dulu dibenerin. Pola makan, menu makan, waktu makan, cara makan. Haha banyak ya.

      Setuju mba, aku juga ga mau pake susu kalori tinggi. Nanti kalau susunya berenti stuck lagi bb nya.

      Iya anakku juga naiknya pelan-pelan, mba. Walau pelan akhirnya berhasil ideal juga. Salut sama mba wulan. Pejuang bb dari anak lahir. Semangat terus mba. Sama sama kita berjuang 💪🏻

      Like

  2. Halo mom, saya tertarik dengan suplemen zat besi yang diberikan untuk anak.
    Kalau berkenan apa boleh saya tahu suplemen zat besinya apa?
    Terima kasih sebelumnya

    Like

  3. anakku juga naiknya pelaannn bangett mbak, dia sekarang umur 6,5 taun tapi bbnya stuck di angka 16an, ditambah ada adeknya jd saya keteteran mengawasi jadwal makannya.. makasih sharingnya mbak, saya akan coba tips nya, smangaatt 💪💪

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s