Stimulasi Perkembangan Bahasa Bayi 1 Tahun

Halo Moms, apa kabar? Semoga selalu sehat. Gimana si kecil? Makin lucu pasti. Seperti biasa, setiap bulan saya akan cerita tumbuh kembang anak. Kali ini, saya mau sharing stimulasi perkembangan bahasa yang saya lakukan ke anak saya. Selamat membaca.

Momen anak saya mengoceh dan membuat percakapan dengan bonekanya

Foto diatas saat anak saya berusia 9 bulan, di foto itu anak saya lagi suka ngoceh, kalau saya perhatiin, seperti lagi ngobrol sendiri. Kadang sama boneka yang dia pegang. Sambil diliatin bonekanya, nanti dia ngoceh sendiri.

Mengutip dari buku Rumah Dandelion, ternyata ocehan anak itu sama pentingnya dengan kata-kata. Orang tua atau pengasuh harus menanggapi walaupun tidak paham artinya.

Bila tidak ditanggapi, anak bisa merasa malas menjalin komunikasi. Waduh jangan sampai ya. Berikut cara saya menstimulasi perkembangan bahasa pada anak saya.

Tanggapi Ocehannya

Sebisa mungkin saya berusaha menanggapi segala tingkahnya, tawa saya balas tawa, senyum, dan ocehannya. Walau kadang mikir dulu, mau nanggapin apa hehe.

Biasanya saya suka hubungkan dengan apa yang terjadi, misal dia ngoceh terus dideketnya ada boneka, “Ade lagi cerita apa? Wah seneng ya main sama boneka kelinci. Kelinci suka loncat.. hop hop hop. Kaya gini, lihat nih mama loncat seperti kelinci”

Tentunya kita harus menanggapi dengan fokus, serius, dan semangat ya.

Lakukan Eye Contact

Terlihat sepele ya? Sadar ga moms? Ternyata eye contact atau tatap mata adalah interaksi paling sederhana yang bisa dipahami bayi. Dengan eye contact bisa terjalin ikatan yang mempererat hubungan kita dengan bayi.

Mulai sekarang, kalau kita interaksi sama bayi, jangan lupa tatap matanya, ya. Usahakan fokus, jangan sambil liat hp. Bayi bisa merasakan loh, apa kita benar-benar memusatkan perhatian ke dia atau hanya setengah-setengah.

Selalu tatap matanya tiap kita menanggapi ocehannya, mengajaknya ngobrol, bermain, dan bernyanyi. Hal ini menjadi dasar kemampuan komunikasinya di kemudian hari.

Bernyanyi

Ini yang paling saya suka hehe. Walaupun suara saya pas-pasan, menurut saya, bernyanyi adalah cara yang paling mudah dan menyenangkan yang bisa saya lakukan untuk menambah kosa kata anak. Selain itu, bernyanyi bisa bikin mood anak happy. Dia bisa sekalian belajar soal ekspresi.

Tentunya orang tua atau pengasuh harus semangat dan ekspresif ketika bernyanyi. Saya kasih contoh, lagu Bintang Kecil.

Moms bisa menyanyikannya sambil menggerakan tangan (membuka-menguncupkan tangan) seperti kerlap-kerlip bintang. Kalau ada lirik kata ‘aku’, gerakannya bisa menunjuk diri sendiri. Kata terbang, berarti Moms bisa mengepakan tangan seperti sayap. Seakan terbang. Seru, kan?

Memberi Tahu Nama Benda

Di sekeliling kita tentu banyak benda, kan? Moms bisa mulai ajarkan nama benda yang dekat dengan si kecil. Misal, ini bola.. bola.. bola. Lakukan berulang.

Biasanya saya suka tambahkan penjelasan soal bola. Misal, “Ini bola.. bo.. la.. bola. Coba lihat bentuknya bulat, warnanya biru. Coba adek pegang bolanya.”

Nah dari bola saja dia bisa belajar banyak kan? Sekalian belajar mengenal bentuk dan warna.

Bertanya Kepada Anak

Ini juga penting, menurut saya. Supaya ada interaksi dua arah, biasanya saya beri pertanyaan ke anak. Lalu saya jeda, menunggu jawabannya.

Misalnya, ada dua benda dihadapan kami (bola dan boneka). Lalu saya tanya, “Dek, mana bola? Yang ini atau ini?”

Atau pertanyaan simple, lagi makan. Dia lahap. Saya tanya, “Ade suka ya makan bubur rasa pisang?”

Beri Apresiasi

Bukan hanya ketika belajar berkomunikasi, ketika anak melakukan hal baik lainnya. Orang tua dan pengasuh baiknya mengapresiasi. Supaya anak merasa semangat melakukannya. Dan termotivasi melalukannya lagi.

Sama seperti orang dewasa. Anak-anak juga suka diapresiasi. Siapa yang ga suka, ya kan?

Nah itu beberapa sharing pengalaman saya memberikan stimulasi untuk perkembangan bahasa yang nantinya berguna untuk dia berkomunikasi dikemudian hari.

Tips ini sudah saya terapkan kepada dua anak saya. Puji Tuhan berhasil. Semoga bisa bermanfaat untuk Mommy lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s