Tumbuh Kembang Bayi 8 Bulanku

Ga kerasa udah MPASI selama 2 bulanan, ga kerasa udah makin gede aja badannya, ga kerasa makin berat euy gendongnya haha tangan bergetar kalau gendong pakai satu tangan.

Anakku usia delapan bulan

Kalau aku liat, dia makin jago merangkak. Motorik kasarnya makin terasah. Bisa merangkak cepat, bisa berdiri dengan memegang benda lain. Untuk stimulasi kemampuan merangkak, berdiri, duduk, serta keseimbangannya, aku suka pancing dia dengan mainan. Sengaja aku letakan mainan di sofa yang terjangkau sama dia, nanti dia berusaha berdiri dan menggapainya.

Kalau dari motorik halusnya, aku liat dia makin mahir mengkoordinasikan jarinya. Misal pas lagi makan biskuit yang puff kecil-kecil. Sengaja aku letakkan diatas meja makannya, lalu dia berusaha menggapai dan masukin mulut. Gemes tiap liat usaha jari mungilnya menggemggam biskuit hihi. Moms bisa variasikan dengan berbagai ukuran makanan supaya anak belajar soal ukuran sekaligus menstimulasi motorik halusnya.

Bahasa.. ini yang aku tunggu-tunggu sih. Menurutku anak yang udah bisa ngomong, makin ngegemesin banget. Di usia 8 bulan anakku lumayan bisa nyemut kata, nenen dan mama. Kalau nyebut tanpa mengerti artinya, dia udah bisa ucapin kaya ‘dadada, papapa, jajaja, bebebe’. Buat stimulasinya, aku selalu berusaha ngajak dia ngomong. Apa aja.. kaya nyebutin, “ade makan buah. Ade minum air putih. Nama kamu, natasha. Ini mama. Ini kakak. Ini bola.. bolaa…”

Oiya belakangan ini, anakku lagi suka main cilukba dan pok ame ame. Terus dia suka goyang tiap denger suara musik. Gemes. Aspek sosial yang aku liat paling berkembang, yaitu pas main cilukba, keliatan banget dia lagi suka interaksi sama orang, terutama mamanya. Terus dia suka nepuk2 cermin yang ada mukanya. Happy banget dia. Suka nepuk-nepuk benda yang menghasilkan bunyi. Terus dia udah ngerti rasa takut kalau ditinggal sama mamanya. Udah mulai takut dan nangis kalau digendong sama orang yang ga dikenal. Oiya yang paling lucu, kalau kita pura-pura nangis depan dia, haha otomatis dia ikut nangis. Lucu banget haha.

Aspek kognitif yang aku liat berkembang, contohnya pas lagi makan di high chair, dia sambil pegang mainan. Terus mainannya tiba-tiba jatuh, dia nyari-nyari liat kebawah ke arah mainanya jatuh. Dia juga sering ngulang-ulang jatuhin mainan, lalu kita ambilin, lalu dijatuhin lagi.

Kesehatan: aman. Sehat semua. Semoga kita semua selalu sehat amin, amin.

Published by

shadyjasmin

Daniel Manurung's Wife & Duo N's Mom

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s