Percobaan Seru: Mini Volcano Experiment

Hai Mams… Aku mau cerita sedikit pengalamanku bersama anak-anak semenjak Covid-19. Aku merasa tertantang dan putar otak agar anak-anak merasa happy di rumah. Sebagai mama yang agak ambisius haha (ngaku), aku ga puas kalau anak main gitu aja tanpa mereka memahami apa yang sedang mereka lakukan. Makanya sebisa mungkin aku pikirkan mau main apa, tujuannya apa, dan apa yang mau aku sampaikan ke mereka melalui permainan. Biasanya aku pikirkan dari malam hari supaya besok tinggal eksekusi. 

Kali ini aku mau ajak temen-temen bikin percobaan membuat Mini Volcano yang super gampang. Tinggal siapkan:

  1. Cuka/vinegar sebanyak 1 gelas
  2. Sabun cuci piring 2-3 tetes
  3. Baking soda 1 cup
  4. Pewarna makanan warna merah
  5. Lilin mainan/playdough. Ps: playdough yang aku pakai bikin sendiri pakai tepung, makanya warnanya seperti foto di atas.
  6. Wadah

Cara membuatnya, pertama-tama tutup sekeliling gelas dengan playdough (menyerupai gunung). Lalu kita tuang cuka/vinegar ke dalam gelas. Teteskan pewarna makanan dan sabun cuci piring, lalu aduk sampai rata. Setelah itu, tuangkan baking soda. Wowww… akan keluar buih-buih dari dalam gelas dan mengalir ke bawah seperti lava gunung yang sedang meletus. 

Berikan penjelasan singkat tentang gunung berapi, bisa juga kita print beberapa informasi tentang gunung berapi, cara mendeteksi gunung akan meletus, bahaya berada di dekat gunung yang meletus, atau manfaat dari lava. Banyak kan yang bisa kita eksplore dari kejadian gunung meletus. Yuk bikin percobaanya. Selamat mencoba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: