Mudah Mencari Informasi Seputar Corona di kumparan.com

Sumber informasi yang terpercaya menjadi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi ini. Selain informasi yang terpercaya, masyarakat tentunya ingin mendapat informasi yang lengkap dan mudah diakses. Beberapa waktu lalu, kumparan.com meluncurkan laman khusus, yaitu Pusat Informasi Corona yang berisikan informasi seputar corona. Mau tau lebih tentang laman ini? yuk, kita bahas.

Informasi berperan penting dalam pemberantasan wabah corona. Mengapa demikian? karena melalui penyebaran informasi corona yang terpercaya dan mudah diakses, diharapkan informasi ini bisa tersebar ke seluaruh masyarakat sehingga masyarakat mampu mengenal tentang virus ini, mengetahui gejala dan metode penularannya, mengerti cara pencegahannya, serta mengetahui anjuran dari pemerintah dan pihak terkait. Tentunya hal ini dapat berperan menekan jumlah kasus corona di negara kita.

Saya coba untuk membuka laman informasi corona yang ada di kumparan.com. Dari kesan pertama, saya langsung tertarik untuk mencari informasi yang ada di laman tersebut. Tampilan lama ini sangat kreatif sehingga bisa mendorong pembaca untuk mencari tahu lebih banyak tentang informasi corona ini.

Laman Pusat Informasi Corona di kumparan.com

Saat kita buka, tampilan laman Pusat Informasi Corona langsung menyuguhkan koleksi tema yang terkait corona. Ada 9 tema yaitu:

1. Memahami Virus Corona. Menu ini berisi koleksi konten artikel untuk pembaca yang ingin mengenal virus corona Covid-19. Mulai dari apa itu virus corona, darimana asalnya, gejala, cara penularan, peluang sembuhnya, vaksin dan obatnya, sampai siapa saja yang dapat terinfeksi.

2. Pencegahan Diri & Keluarga. Koleksi artikel di menu ini memudahkan kita untuk menentukan sikap di tengah pandemi corona. Mulai dari panduan ke rumah sakit di masa pandemi corona, cara masuk rumah bila terpaksa harus bepergian, cara naik transportasi umum di tengah pandemi corona, bagaimana bila ada anggota keluarga yang menunjukan gejala corona, cara penderita diabetes dan ibu hamil melindungi diri dari corona, dan masih banyak lagi artikel yang dapat membantu kita menghadapi pandemi corona.

3. Prosedur Tes & Pengobatan. Kumpulan artikel di menu ini dapat membantu kita mengetahui kapan kita harus tes corona, dimana melakukannya, bagaimana melakukan karantina mandiri di rumah, cara merawat penderita corona di rumah, serta tahapan saat melakukan tes corona.

4. Happy at Home. Merasa bosan selama di rumah saja? kamu ga perlu khawatir karena artikel di menu Happy at Home berisikan rekomendasi kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah. Ada tips dan ide yang bisa membuat kita tetap nyaman dan happy selama di #rumahaja.

5. Rumah Sakit Rujukan. Di menu ini, kita bisa mengetahui daftar rumah sakit rujukan corona di seluruh Indonesia. Saya ambil contoh, saya pilih artikel Daftar Rumah Sakit Rujukan Corona di Yogyakarta. Maka kita dapat melihat daftar rumah sakit rujukan corona di tiap kabupaten dan kota Yogyakarta beserta alamat dan nomer teleponnya.

6. Hot Line. Menu ini berisikan nomer telepon, call center, situs resmi pemerintah, lokasi posko corona, informasi seputar cara menyalurkan bantuan, dan pendaftaran relawan baik nasional maupun tiap daerah.

7. Kumpulan Doa. Laman Pusat Informasi Corona di kumparan.com tidak hanya seputar virus corona saja, ada pula menu kumpulan doa yang berisi doa-doa yang direkomendasikan oleh pemuka agama dari agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Tentunya, menu Kumpulan Doa ini dapat membantu kita merasa lebih tenang dan lebih dekat dengan Tuhan di saat pandemi ini.

8. Pengumuman Pemerintah. Himbauan dan pengumuman pemerintah menjadi hal yang sangat penting di masa pandemi seperti ini. Tak perlu khawatir ketinggalan info penting, kita bisa mengikutinya melalui laman Pusat Informasi Corona di kumpara.com agar tetap update.

9. Donasi Lawan Corona. Tak hanya menyajikan informasi, laman Pusat Informasi Corona di kumparan.com juga menyediakan tempat untuk kita yang ingin berdonasi. Kumparanderma melalui Kitabisa.com bersama dengan #IndonesiaLawanCOVID-19 mengajak kita untuk berdonasi membantu sesama melawan corona.

Menu happy at home

Menu favorit saya di laman Pusat Informasi Corona ini adalah Happy at Home. Menurut saya, menu ini beda dari yang lain. Kumparan.com tidak hanya membagikan informasi seputar corona tapi juga membagikan informasi terkait rekomendasi kegiatan seru selama di rumah, cara menjaga kesehatan mental di tengah pandemi, sampai rekomendasi drama Korea yang bisa kita tonton di rumah. Lengkap bukan? tentu.

Setiap menu memiliki poster ilustrasi yang menggambarkan setiap tema. Pilihan artikel yang sesuai tema sangat memudahkan pembaca. Selain itu, fitur di laman Pusat Informasi Corona cukup memudahkan pembaca untuk menyebarkan berita kepada orang lain. Kita bisa membagikan berita ke media sosial seperti facebook, line, twitter, whatsapp, dan media lainnya. Tak hanya itu, kumparan.com juga memfasilitasi pembaca yang ingin mengutarakan pendapat di kolom komentar dan ikon like/love.

Salah satu infografis di kumparan.com

Selain lengkap, penyajian data di kumparan.com didukung dengan infografis yang eye catching dan memudahkan pembaca. Artikelnya pun didukung dengan gambar atau foto yang menarik dan representatif. Hal tersebut membuat saya selalu setia mencari informasi di kumparan.com. Untuk kalian yang menginginkan informasi terpercaya, menarik, lengkap, dan mudah diakses kalian cukup buka laman Pusat Informasi Corona di kumparan.com. Semuanya ada dalam satu tempat. Selamat membaca, stay health and safe! #TenanguntukMenang #BerkahNulisdiRumah

Salam, Shady Jasmin

@shadyjasmin

Published by

shadyjasmin

Daniel Manurung's Wife & Duo N's Mom

1 Comment

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s