Rainbow Milk Experiment. Percobaan Cara Kerja Detergent untuk Anak

Rainbow milk experiment , percobaan untuk anak, preschool activity
Rainbow milk experience

Hai Moms, buat yang lagi cari kegiatan seru untuk dilakuin di rumah, terus bahannya pun ada di rumah, aku mau rekomendasiin experiment ini ke kalian.

Sedikit cerita, sebenernya aku ga terlalu suka ngasih mainan yang menurutku rada perlu usaha dan repot bersihinnya. Tapi karena PSBB, kita ga bisa kemana-mana dan Nathania ga ke Rockstar Gym, so kita banyak banget waktu di rumah. Iseng nih coba bikin mainan homemade caaailaah udah kaya kue, homemade.. 😝 cus lah gampang banget ini mah, tinggal tuang-tuang siap dimainkan.

Bahan:

  • Susu UHT (kalau bisa, susunya udah ga terpakai/sisa aja. Ga usah spesial beli buat bikin ginian ya. Sayang buuk).
  • Pewarna makanan. Makin banyak warnanya makin bagus penampakannya. Btw hasil di foto ini, aku ga pake pewarna makanan tapi pakai cat air hehe soalnya adanya itu di rumah. Manfaatkan yang ada aja.
  • Wadah
  • Cotton buds
  • Sabun cuci piring setetes

Cara Membuat:

  1. Tuang susu ke dalam wadah
  2. Teteskan pewarna makanan satu-persatu. Kalau bisa minimal 3 warna supaya hasilnya cucok
  3. Teteskan atau oleskan ujung cotton buds dengan sabun cuci piring
  4. Mainkan dengan mencelupkan ujung cotton buds ke bagian yang berwarna

Nanti bagian warna yang dicelup cotton buds akan berpencar warnanya. Keren like magic. Liat videonya ya untuk detailnya.

Manfaat main ini menurut aku lumayan banyak. Pertama bisa buat mengenalkan warna ke anak, belajar memegang benda yang kecil seperti cotton buds, terus untuk anak yang lebih besar, kita bisa jelasin kalau experiment ini seperti cara kerja detergent. Ketika kita memberikan pewarna maka kejadian cara kerja detergent ini bisa kita liat dengan mata kita.

Gimana penjelasannya?

Susu mengandung mineral, vitamin, dan lemak. Dalam kondisi ini, lemak susu kita anggap sebagai kotoran ya. Terus gimana? Jadi, sabun cuci piring (detergent) punya 2 bagian, yaitu yang suka air (hidrofilik) dan yang tidak suka air (hidrofobik). Bagian hidrofobik mengikat lemak yang ada disusu (kita anggap kotoran), menyebabkan kotoran terlepas dari permukaan. Kejadian itu bisa kita liat saat sabun cuci piring di cotton bud menyentuh susu lalu warnanya menyebar. Cara kerja detergen berikutnya adalah saat kotoran diikat oleh bagian hidrofobik. Ini yang menyebabkan kotoran lama-kelamaan larut, ini juga yang membuat lama-kelamaan, warna yang ada memudar dan larut kembali di cairan susu. Selamat mencoba ya. Have fun😉

Published by

shadyjasmin

Daniel Manurung's Wife & Duo N's Mom

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s