Milestone Sya Umur 5 Bulan

Natasha umur 5 bulan ini makin seru buat diajak bermain. Makin lucu dan pintar. Mamanya udah mulai mempersiapkan peralatan untuk MPASI. Deg-degan nih haha. Aku juga share pengalamanku mempersiapkan masa MPASI di tulisan aku selanjutnya. Stay tune ya. Sekarang kita bahas milestone 5 bulab dulu..

Motorik Kasar

Umur 5 bulan ini anakku sudah bisa bergerak mundur saat ditengkurepin. Bisa bergerak memutar saat tengkurap. Leher dan kepala tidak terkulai saat diposisikan untuk duduk dengan berpegangan tangan mamanya. Terus dia sudah bisa meraih kakinya dan ingin dimasukan ke mulut. Sepele ya tapi buat anak umur 5 bulan hal ini berkembangan yang baik loh. So, biarkan saja dia meraih kaki atau bahkan masukin jempol kakinya ke mulut. Jangan dilarang yaa, moms. Ini menandakan motoriknya baik dan dia belajar banyak dari aktifitas ini.

Motorik Halus

Mampu menggenggam mainan yang dia ingin ambil. Kekuatan jarinya semakin baik sehingga benda yang mau digapai bisa dia genggam dengan baik. Sekarang dia bisa juga menggenggam dan menarik rambut sendiri, selain rambut mamanya hehe.

Aku amaze juga pas dia udah bisa memindahkan benda yang dipegang dari satu tangan ke tangan lainnya. Misalnya kita kasih dia teether di tangan kanan, ga lama kemudian dia bisa pindahin ke tangan kirimya.

Bahasa

Ini tuh yang paling menggemaskan. Kalau liat anak bayi ketawa ringan dan renyah rasanya tuh bahagia banget. Mood booster sejati. Sekarang dia kalau ketawa udah bisa terbahak-bahak setiap diajak bercanda. Dan biasanya diulang-ulang bercandanya masih aja ketawa.

Bisa bergumam dengan yayaya aha ga dan lain lain, pokoknya cuap cuap dengan bahasanya sendiri. Apalagi kalau dia habis bangun tidur pagi. Duh langsung heboh ngajak ngobrol, bangunin mama papanya. Dia senang kalau diajak ngobrol. Biasanya dia balas dengan tersenyum.

Sosial

Anakku ini kayanya lebih senang bila dikelilingi banyak orang. Ga suka ditinggal sendirian sama mainan. Lebih suka berinteraksi sama orang. Suka interaksi yang bertatap mata dan suka kalau becanda dengan nada-nada gemes.

Sekarang makin banyak mengenali orang lain selain mama papa dan kakaknya. Mulai dari tantenya, nanny kakaknya, sampai mbak di rumah yang bantu, dia udah ga merasa asing lagi dengan mereka. Digendong juga udah mau.

Kognitif

Untuk perkembangan kognitifnya, sekarang dia paham banget kalau menangis dia bisa mendapat perhatian, contohnya saat di kasur bermain sendiri, setelah bosan, dia nangis minta kita ajak main atau digendong. Udah bisa mengutarakan dan manggil orang lewat tangisannya.

Kesehatan

Sehat dan sudah vaksin, walaupun kemarin pas vaksin mamanya kudu ke rumah sakit rempong banget. Segala sesuatu dipersiapkan banget. Mulai pakai masker, handsanitizer di kantong, kain buat alasin timbangan dan tempat tidur. Bahkan mamanya ga duduk pas nunggu dokter haha aku lebih nyaman dan tenang berdiri aja ga nyentuh apapun. Yes lakukan yang menurut kita baik dan nyaman, ya kan. Stay health, stay safe guys.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: