Ikut Kelas Berenang Mulai Umur 1 Tahun, Ternyata Manfaatnya Besar Untuk Anak Saya

Berenang merupakan olahraga yang manfaatnya tidak perlu diragukan lagi. Apakah sama manfaatnya jika dilakukan sejak bayi?

Kali ini saya akan sharing pengalaman anak saya mulai mengikuti kelas berenang.

Saat usianya sekitar 3 bulanan, beberapa kali saya ajak dia untuk berenang di baby spa. Namun kegiatan tersebut tidak rutin saya lakukan sehingga manfaatnya kurang saya rasa. Baru sekitar usianya 1 tahun, saya mulai ikutkan dia dalam kelas berenang bersama anak-anak seumurnya.

Seperti apa kelasnya?

Di kelas renang yang anak saya ikuti, kegiatan pengenalan dan belajar berenangnya dilakukan di kolam yang memiliki kedalaman 120 cm atau 1.2 meter. Tentunya dengan pelatih profesional yang sudah berpengalaman mengajar berenang untuk bayi dan anak-anak. Kenapa harus pelatih khusus untuk bayi dan anak-anak? Karena pendekatannya berbeda dengan pelatih renang biasa. Suasana di kolam berenang dibuat se-menyenangkan mungkin, mengalir, dan tanpa ada paksaan.

Apa Anak 1 Tahun Langsung Mau Mengikuti Instruksi?

Tentu saja tergantung anaknya. Ada anak yang langsung enjoy dan langsung mau berenang bersama dengan pelatih dan teman-teman seusianya. Ada anak yang butuh waktu adaptasi terlebih dahulu.

Kebetulan anak saya tipe yang butuh adaptasi dulu. Saat pertama kali masuk kelas berenang, anak saya menangis. Tidak mau ikut berenang bersama teman dan pelatihnya. Saya bisa maklum, tentu dia merasa asing dengan suasana dan orang baru serta kegiatan baru. Berbeda saat berenang di rumah, anak saya sangat ceria dan excited sekali. Iya jelas, hal itu karena di rumahnya sendiri, dia merasa sudah terbiasa. Lalu apa yang saya lakukan?

Saya tidak menyerah tapi saya tidak mau memaksakan dia. Jadi yang saya lakukan adalah setiap jadwal kelas berenang maka saya tetap memakaikannya baju renang. Saya ajak dia bermain di sekitar kolam renang. Melihat bunga, bernyanyi, sekadar duduk di teli kolam sambil melihat teman dan pelatihnya berenang.

Sampailah di minggu kedua, anak saya mulai berani menyelupkan kakinya ke dalam air kolam. Yeey kemajuan yang luar biasa. Saya coba sedikit-sedikit membasahi tubuhnya. Dia enjoy sambil mendang-nendangkan kaki di air. Hari itu cukup menggembirakan.

Dipertemuan berikutnya anak saya mulai minta untuk turun ke kolam, ikut bergabung bersama teman-temannya. Sejak saat itu, dia bisa menikmati kelas berenangnya dengan baik.

Apa Manfaat yang Diperoleh?

Berikut beberapa manfaat berenang yang sudah saya rasakan pada anak saya:

1. Berenang dapat membantu tidur lebih pulas karena energi nya dapat tersalurkan dengan baik.

2. Berenang dapat meningkatkan nafsu makan. Dan ini memang saya rasakan langsung, sejak ikut kelas berenang, apalagi setiap habis berenang, nafsu makannya lebih dari biasanya.

3. Memiliki kepercayaan diri lebih baik saat di air, dibanding yang tidak rutin berenang.

4. Membantu perkembangan otot lebih kuat.

5. Dapat menurunkan kasus bayi dan anak tenggelam.

6. Dapat meningkatkan kemampuan adaptasi anak, kemampuan belajar, dan bersosialisasi.

Sebelum mulai ikut kelas berenang, pastikan anak sehat, dilatih dengan pelatih yang profesional, dan dilakukan di kolam yang terjamin kualitas dan kebersihan airnya.

Semoga bermanfaat, Moms.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s