Tips Memilih Baby Sitter

Hai moms kali ini aku mau sharing tips dalam memilih babysitter untuk anak. Yang pasti kita pengen yang terbaik, ga mau asal, kan? Yuk simak tips berikut ini, hasil dari pengalaman saya ketika mencari babysitter:

1. Ambillah babysitter dari sumber yang dapat dipercaya, baik dari yayasan atau non yayasan. Moms harus memastikan sumber tersebut dapat dipercaya. Memiliki alamat yang jelas, mudah dihubungi, memiliki track record yang baik, dan memiliki kontrak/perjanjian yang jelas sehingga apabila suatu waktu terjadi sesuatu (amit-amit), moms bisa meminta pertanggungjawaban dari mereka. Ga kabur-kaburan ketika diminta pertanggungjawaban. Penting banget kan.

Jika dari yayasan kita bisa meminta surat perjanjian kerja. Jika moms mengambil dari penyalur bukan yayasan, moms bisa screenshoot perjanjiannya (misal dari hp).

2. Bertemu langsung dan melakukan wawancara dengan calon babysitter. Menurut saya, hal ini penting sekali sebagai patokan kita untuk menentukan pilihan. Moms bisa bertanya tentang pengalaman kerjanya, berapa lama bekerja di tempat sebelumnya, alasan berhenti bekerja di tempat sebelumnya, lalu apakah ia mabuk perjalanan atau tidak, bagaimana caranya membuat susu, cara mencebok bayi, dan berbagai pertanyaan seputar cara ia menghandle si kecil. Tanyakan juga latar belakang keluarganya, apakah ia bekerja atas sepengetahuan dan izin dari orangtua, tempat tinggal, pekerjaan orangtua, serta tidak lupa meminta nomer telepon salah satu keluarganya. Ceritakan juga keadaan di rumah kita misal berapa banyak orang yang akan bekerja dengan dia di rumah, serta keadaan rumah kita secara umum. Tanyakan kesediaan ia dengan keadaan rumah kita agar dikemudian hari tidak terlontar alasan ia berenti karena tidak cocok dengan keadaan kita.

3. Jika sudah memilih babysitter, beri kesempatan si babysitter dan anak kita beradaptasi. Mom bisa memberikan waktu sekitar 2 mingguan. Perhatikan apakah kita dan anak kita memiliki chemistry dengan si babysitter? Chemistry tersebut tidak dapat dipaksakan. Jika memang anak kita dan si babysitter tidak dapet chemistrynya, moms bisa meminta babysitter gantinya kepada penyalur (tergantung kesepakatan awal dengan penyalur).

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s