Roadshow Nuby Teman Makan dan Minum Si Kecil bersama Smartmama Jakarta

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ikut event dari Nuby Indonesia dan Smartmama.com. Tema acaranya yaitu Nuby Teman Makan dan Minum Si Kecil. Eittss penasaran kan? Hehe. Kalau bahas seputar makan dan minum si kecil, pasti menarik ya.

Acara ini diadakan di empat kota besar. Pertama di Surabaya, kemudian Medan, Bandung, dan terakhir di Jakarta. Pembicara roadshow Nuby di Jakarta ada dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, MSc. sebagai dokter anak, Mba Irma Gustiani A, S.Pi, M.Psi sebagai psikolog anak & remaja dari Ruang Tumbuh, kemudian celebrity mama Agni Pratistha. Lengkap sekali. Ditambah penjelasan dan pemaparan produk-produk Nuby yang bisa mama gunakan untuk menyiapkan dan menyajikan makanan si kecil. Makin komplit deh.

Nah saya mau berbagi informasi yang saya dapat dari acara ini. Berikut resumenya:

dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, MSc.

  • Menurut WHO, MPASI harus tepat waktu, adekuat, aman, higienis, dan diberikan secara responsif.
  • Tepat waktu yaitu diberikan saat bayi berusia 6 bulan karena saat usia tersebut, ASI sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan energi bayi, sehingga perlu diberikan makanan pendamping asi (MPASI). Kenapa harus tepat waktu? Jika MPASI diberikan terlalu dini maka bayi beresiko mengalami gangguan pernapasan, tersendak, gangguan pencernaan, dll. Sedangkan jika diberikan terlalu lambat maka bayi beresiko kekurangan nutrisi.
  • Adekuat yaitu harus seimbang kandungan gizinya. Tidak ada satu jenis bahan makanan yang sempurna kandungan gizinya sehingga perlu adanya menu yang seimbang sejak awal pemberian MPASI. Tau kan menu yang wajib diberikan sejak awal MPASI? Yes benar sekali, yaitu Menu 4 Bintang (mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran). Menu MPASI tunggal sudah tidak disarankan ya mams.
  • Aman yaitu tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Tidak mengandung pewarna berbahaya, pengawet yang berbahaya bagi kesehatan, dll.
  • Higienis dalam menyiapkan dan memberikan makan si kecil.
  • Pemberian secara responsif dengan disuapi. Bukan BLW (Baby Led Weaning), mams. Karena kemampuan oromotor bayi belum siap, sehingga resiko tersendak lebih tinggi jika MPASI diberikan secara BLW, kebutuhan nutrisi bayi belum tentu tercukupi sebab bayi kemungkinan akan memilih jenis makanan yang dia suka saja.
  • Finger food sebagai menu selingan (dengan cara anak makan sendiri) dapat dimulai saat anak berusia 8 bulan.
  • Waktu pemberian makan harus teratur setiap hari sehingga anak mengenal rasa lapar dan mengetahui waktu makan.

Irma Gustiani A, S.Pi, M.Psi

  • Kejadian GTM (Gerakan Tutup Mulut) sangat wajar terjadi apalagi di awal pemberian MPASI. Hal ini terjadi karena bayi masih beradaptasi dari ASI (cair) ke MPASI (makanan padat).
  • Penyebab lain anak GTM yaitu tumbuh gigi, adanya luka dibagian mulut, sariawan, atau kurang enak badan.
  • Secara psikologis, GTM dapat terjadi ketika anak merasa tertekan harus menghabiskan makanannya, bosan dengan variasi makanan, tekstur yang kurang cocok dengan keinginan anak, peralatan dan suasana makan kurang menarik, dan karena adanya trauma.
  • Strategi yang dapat dilakukan agar anak menikmati moment makannya yaitu dengan membuat menu dan tampilan makanan menarik, menciptakan suasana yang menyenangkan, menggunakan peralatan makan berwarna cerah dan bergambar, jadwal makan teratur, anak didudukan di kursi tanpa ada gangguan tv, youtube, atau mainan. Waktu makan tidak boleh lebih dari 30 menit.
  • Yang bisa mama lakukan sebagai ganti youtube atau tv yaitu mengajak anak berinteraksi dengan menceritakan apa yang dia makan, warna sayur yang dia makan, manfaatnya bagi kesehatan, dan lain-lain. Atau mama bisa juga memberikan mangkuk kecil berisi sedikit makanan yang dia makan, agar dia dapat bereksplorasi sendiri.
  • Beri pujian jika anak berhasil makan dengan baik atau ketika anak dapat menghabiskan makanannya. Sampaikan dengan kalimat lengkap, bukan sekadar, “kamu hebat”, tapi sertakan alasannya, “kamu hebat ya nak, makannya habis”.
  • Mama harus happy ketika menyiapkan dan menyajikan makanan. No stress ya mams, karena bayi kita sangat peka loh terhadap perasaan mamanya. Ciptakan suasana yang menyenangkan agar si kecil bisa menikmati waktu makannya.

Agni Pratistha dan Perwakilan Nuby Indonesia

Nuby roadshow jakartaMama Agni berbagi pengalamannya dalam memberikan MPASI untuk anaknya dan produk Nuby yang digunakan. Perwakilan Nuby Indonesia juga memperkenalkan berbagai produk Nuby yang bisa mama gunakan untuk menyiapkan dan menyajikan menu makan si kecil agar tercipta suasana menyenangkan dan si kecil bisa menikmati waktu makannya.

Peralatan MPASI Nuby

Anak saya (Nathania), diapun sudah menggunakan peralatan makan dari Nuby. Piring dan botol minum favoritnya dari Nuby loh mam. Oiya saya juga menggunakan food jar dari nuby yang cocok dibawa ketika bepergian karena mampu menjaga suhu makanan panas sampai 6 jam, sementara untuk makanan dingin bisa sampai 7 jam.

Coba deh mama cek peralatan makan dari Nuby, dijamin gemes semua. Tersedia berbagai warna dan karakter untuk anak laki-laki dan anak perempuan.

Semoga sharing saya ini bisa bermanfaat. Terimakasih Nuby dan Smartmama.com.

Love Baby, Love Nuby 💛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s