Baby Class di Kindy Cloud

Hai mams, belakangan ini lagi booming banget yang namanya baby class. Ya ga? Mams udah pernah coba atau belum? Kali ini saya mau berbagi cerita pengalaman mengikuti baby class di Kindy Cloud.

Kindy cloud baby class buba n bump kemang

Kindy Cloud pasti sudah tidak asing di kalangan mams yang berdomisili di Jabodetabek, khususnya Jakarta. Pasti pernah denger dari teman, saudara, atau pernah liat di instagram.

Saya sendiri tau Kindy Cloud dari instagram. Waktu itu ada teman yang mengikuti baby class disana. Setelah saya buka instagram Kindy Cloud, ternyata banyak juga anak artis yang mengikuti baby class disana, seperti Putri Titian, Olla Ramlan, dan Rachel Venya. Mungkin hal tersebut yang membuat Kindy Cloud lebih dikenal dibanding penyelenggara baby class yang lainnya.

Baby class sendiri mulanya diperkenalkan oleh Dr Lin Day, beliau merupakan pakar tumbuh kembang anak. Di tahun 2006, beliau mulai membuka baby class di UK, dan dalam waktu yang cepat berkembang dimana-mana termasuk Indonesia. Beberapa manfaat bayi mengikuti baby class yaitu merangsang perkembangan kognitif, merangsang perkembangan panca indera, bahasa, fisik, serta sosial emosionalnya.

Kehadiran Kindy Cloud sebenarnya termasuk baru. Mereka baru beroperasi sekitar tahun 2017. Mereka termasuk satu diantara promotor baby class yang sekarang sedang hits. Aktifitas yang mereka tawarkan tidak hanya Baby Class loh mams, ada juga Pre-Tots, dan Toodler Class. Malah sekarang nambah lagi kategori kelasnya, sekarang ada kelas Little Bubs Class. Kategori kelas tersebut dibagi berdasarkan umur anak. Mulai dari Little Bubs Class untuk bayi 3-6 bulan. Baby Class untuk bayi 6-12 bulan. Pre-Tots Class untuk anak 13-24 bulan. Toodler Class untuk anak 25-36 bulan.

Pengalaman saya ikut baby clasa di Kindy Cloud, aktifitasnya cukup seru. Mulai dari perkenalan sambil bernyanyi, story telling, gym time (semacam pemanasan fisik), membuat prakarya finger painting dari cat berbahan gula dan pewarna makanan, sensory play dengan berbagai tekstur menggunakan bahan-bahan yang aman seperti mie dengan berbagai warna, agar-agar, tepung roti, parutan kelapa, dan jelly. Kemudian setelah sensory play, baby kita dipersilahkan untuk bersih-bersih dan berganti pakaian. Setelah kembali ke kelas, dilanjutkan dengan bernyanyi dan bermain menggunakan parasut dan terakhir adalah bermain dengan bubble.

Karena durasinya 1 jam. Mams jangan heran kalau baby kita terkadang bosan atau mood nya naik turun saat kelas berlangsung. Hal ini bisa lebih parah kalau baby nya mengantuk, biasanya berujung dengan cranky. Mams ga perlu khawatir, kalau baby lagi cranky kita bisa keluar masuk kelas kok. Tips dari saya supaya baby kita bisa efektif mengikuti kelasnya, sebaiknya baby sudah makan, minum, dan sudah bobo. Oiya, kalau pengalaman saya, kita sebagai orangtua jangan terlalu memaksakan anak harus berani atau harus bisa. Waktu pertama ikut baby class, saya antusias sekali sampai punya pemikiran harus dapet semua, jangan sampe keluar kelas, sayang kan udah bayar. Wah ternyata anak saya malah ngamuk. Mood saya jadi berantakan. Jadi bete selama ikut kelas.

Pengalaman ikut baby class berikutnya, saya coba relax dan enjoy. Dipikiran saya, kalau anak saya ga suka yaudah ga apa-apa, anak ga berani megang ini itu ya ga apa-apa. Nikmatin aja, namanya juga belajar. Dan justru anak saya happy dong. Ga nyangka malah dia berani dan enjoy banget megang ini itu. Wah memang bener ya, mood dan perasaan ibu bisa terasa oleh anak. So enjoy aja ya mams.

Fyi mams, semua kelas Kindy Cloud bersifat mobile dan tidak terikat. Mereka menyewa ruangan untuk mengadakan kegiatannya. Jadi ga punya tempat/gedung dengan pelang nama Kindy Cloud. Karena bersifat mobile dan tidak terikat, mereka akan mengeluarkan jadwal kegiatannya sebulan sebelumnya. Jadi kalau mams mau ikut kegiatan di bulan April, maka dari bulan Maret mams sudah harus mendaftar.

Jadwal kelas Kindy Cloud akan diumumkan di instagram setiap tanggal 19. Kemudian mams bisa mulai mendaftar pada tanggal 20 (jam nya bisa berubah sesuai ketentuan mereka). Maka dari itu, mams harus sigap dan gercep. Tips dari saya agar mams ga kalah cepat dari mams lainnya, mams harus mengikuti instagram mereka. Supaya kalau ada info mams bisa tau. Kemudian, saat tanggal 19 mams sudah membulatkan tekad mau daftar kelas yang mana, tanggal berapa, dan temanya apa. Sehingga pada tanggal 20 di jam yang ditentukan (jangan lupa pasang alarm), mams bisa langsung mendaftar dengan format yang ditentukan oleh Kindy Cloud via whattsapp ke nomer sesuai CP tiap lokasi. Ingat ya mams, pendaftarannya dan biaya daftarnya berbeda-beda tiap lokasi. Fyi, kalau ambil kelas weekend mams jangan kaget kalau 5 menit dari waktu pendaftaran dibuka, kelasny sudah sold out. Apalagi di lokasi-lokasi favorit seperti Buba n Bump. Siap-siap masuk waiting list. Mams yang masuk waiting list, jangan sedih. Saya pernah masuk waiting list dan yang namanya rezeki ga kemana yaa. Besoknya pihak Kindy Cloud kontak saya katanya ada peserta yang mengundurkan diri. Langsung saya transfer biayanya dan berhasil ikut kelas Kindy Cloud di Buba n Bump. Saya pernah ikut kelas Kindy Cloud di lokasi lain, yaitu di Loca Deco Kemang. Lokasi ini gampang daftarnya mams. Mungkin karena lokasinya kurang oke. Tapi untuk materi, guru, dan alat peraga yang digunakan hampir sama di tiap lokasi. Jadi kenapa sih ada lokasi kelas Kindy Cloud yang selalu full dan ada yang gampang daftarnya? Menurut saya, karena kenyamanan lokasinya. Ada lokasi yang sangat nyaman, tersedia toilet bersih, nursery room, tempat bermain, dan tempat menunggu yang nyaman. Ada juga tempat yang seadanya, toiletnya kurang oke, ruangannya kurang dingin, dan tempat menunggu yang ga nyaman. So mams jangan sampe terburu-buru pilih lokasi dengan pemikiran asal dapet slot kelas ya.

Selamat bermain dan belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s