Breastfeeding and Newborn Care Class at Nujuh Bulan Studio with Bidan Salsha Homecarebidan

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dan suami ikut kelas di Nujuh Bulan Studio. Nama kelasnya, Breastfeeding and Newborn Care. Dari masih trisemester pertama saya sudah mengincar kelas ini. Udah sounding ke suami dari jauh hari.

Awalnya saya liat di instagram banyak mama yang ikutan kelas di Nujuh Bulan Studio. Lama-lama kepo dan tertarik. Coba deh kepo-in instagrammya mams, namanya @nujuhbulanstudio. Mereka punya banyak pilihan kelas rutin yang bisa mams ikutin untuk persiapan melahirkan.

Kali ini saya akan bahas kelas Breastfeeding and Newborn Care. Kelasnya diadakan 2 hari (sabtu minggu). Jadwalnya akan mereka posting setiap bulan. Mama bisa ikut kelasnya kalau udah memasuki usia 7 bulan kehamilan.

Breastfeeding and newborn care nujuh bulan studio
Penjelasan singkat tentang kelas breastfeeding and newborn care di nujuh bulan studio

Waktu itu saya ikut kelas Breastfeeding & Newborn Care tanggal 20-21 January 2018. Kelasnya hari sabtu dan minggu pukul 13.00-17.00. Lumayan mams agak lelah tapi saya dan suami enjoy banget. Disana kita belajar teori dan praktek langsung. Ga cuma ngeliatin, kita turun tangan langsung. Bener-bener semua yang hadir mesti nyoba praktek. Ga cuma isterinya loh tapi suaminya wajib praktek langsung juga. Biar si papa bisa juga turun tangan mengurus baby. Dan ga perlu khawatir, “aduh kalau saya ga bisa-bisa pas praktek gimana?”. Tenang, mereka bakal nungguin dan bimbing langsung sampai kita bisa. Yesyes keren banget kan.

Kelas menyusui di nujuh bulan studio
Bu Bidan Salsha (kiri) dan Mba Tia (kanan)

Yang ngajarin asik-asik loh. Bidan Salsha juaraaaaaaaaa. Saya fans beratmu bubid terkece. Haha Bubid Salsha orangnya asik, ceria, santai, tapi serius juga. Mba Tia (founder Nujuh Bulan Studio), asik, tenang, dan ramah. Perpaduan yang sempurna.

Oiya, sebagai orangtua baru pasti banyak banget pertanyaan yang mau ditanyain. Tenang, kalian ga perlu malu, tanya aja, pertanyaan sepele atau sereceh apapun bakal berusaha dijawab.

Praktek membersihkan alat kelamin dan anus bayi

Pihak Nujuh Bulan Studio sudah menyiapkan semua perlengkapannya. Mulai dari bolpen, modul, alat peraga bayi, dan semua yang dipake pas praktek (kapas, air, bak mandi bayi, bedong, perlak, bekung, dll). So, kita tinggal dateng dengan pakaian yang nyaman karena lumayan lama kelasnya sekitar 4-5 jam. Wah lama ya, ngapain aja? Mama papa sama-sama belajar praktek posisi menyusui, belajar perlekatan yang benar, belajar pumping, cara menyimpan asi perah yang baik, memandikan bayi, membersihkan alat kelamin, membersihkan anus bayi, memijat bayi, merawat bayi, membedong, menggendong, membuat bengkung, dan masih banyak lagi. Lengkap pokoknya. Kenapa mesti belajar berdua?? Karena kalau nanti mama sedang panik atau lupa, papa bisa bantu mengingatkan. Begitu juga sebaliknya kalau papanya yang lupa. Mama papa pun akan lebih solid ketika merawat baby bersama.

Praktik cara memandikan bayi
Giliran papa yang beraksi memandikan bayi

Saya merasa banyak mendapat pencerahan setelah ikut kelas ini. Jadi lebih percaya diri merawat baby. Plus diajarin cara menghadapi tamu, menghadapi orangtua atau kerabat yang berbeda pendapat ketika merawat si baby. Wih makin pede kan.

Praktik bekung
Praktek bengkung
Praktik menggendong bayi
Praktik menggendong

Terimakasih untuk Papa Nathania yang sudah mau belajar bersama. Terimakasih untuk Nujuh Bulan Studio, Bu Bidan Salsha dan Mba Tia yang sudah memfasilitasi kami. See you next time.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s