Perlengkapan Lahiran Sesar (sc)

Hai mams, berikut beberapa perlengkapan untuk mama yang bisa mams persiapkan sebelum lahiran sc, saya cantumin juga merk yang saya gunakan ya:

  • Korset pasca lahiran (Mamaway Extra Strenght Bamboo Tunic Postnatal Corset). Wajib punya korset ya mams, merk apa aja boleh. Soalnya pasca melahirkan, korset bisa membantu proses recovery. Buat yang lahiran sesar, korset bantu penyembuhan luka, mencegah jahitan lepas, menyangga perut yang ngewer-ngewer pasca lahiran, dan pastinya bantu memperbaiki postur dan bentuk tubuh.
  • Pembalut bersalin (Softex Maternity & Laurier 35 cm with wings). Saya ga suka pake pembalut khusus bersalin. Ga ada sayapnya mams. Geser terus loh. Bahkan bikin tembus ke kasur rumah sakit. Mendingan mams beli pembalut biasa yang panjang buat malam terus yang ada sayapnya.
  • Sarung atau kain bali. (Ga ada merk nya). Ini banyak gunanya. Pas abis lahiran saya pake untuk gantiin celana biar jaitan dan perut ga keteken. Bisa buat selimutan, buat alas juga bisa.
  • Apron menyusui (Babyloop). Ini wajib juga mams. Biasanya pas kita lagi nyusuin, ada aja tamu yang dateng buat jenguk mama dan bayi. So, walau ada tamu kegiatan menyusui kita tetep jalan dan ga terganggu. Jgn sampe sibuk sama tamu, eh lupa nyusuin babynya. Kasian nanti haus.
  • Bh menyusui (sorex, wacoal, sorella). Bebas merk apa aja hehe sebenernya ga wajib pake bh menyusui sih. Pake bh biasa yang tanpa kawat dan yang ga terlalu ketat bisa juga. Tapi kalau punya bh menyusui, dipake aja mams lumayan membantu.
  • Bantal menyusui (Babyloop). Menurut saya wajib punya, karena awal-awal menyusui masih kagok posisinya dan masih adaptasi megang baby, sekalian biar ga pegel juga pas nyusuin.
  • Nipple cream (Mothercare yang biru). Saya pake semenjak usia kehamilan 7 bulan supaya putingnya elastis jadi pas baby nyusu ga lecet deh. Pas sebelum nyusuin saya pakai nipple cream ini juga. Tapi awal-awal aja hehe setelah itu ga pernah kupake lagi. Karena udah lancar dan ga lecet puting.
  • Breast massage oil (Buds). Lumayan berguna loh. Pas hari-hari pertama menyusui, payudara saya bengkak banget dan kaya berbatu. Padahal sudah rajin nyusuin dan saya pumping juga. Eh saya keinget punya Buds Breast massage oil ini. Saya pake deh buat pijet payudara sendiri. Wow it works loh mams. Berangsur hilang grenjel-grenjel batu nya hilang dan payudara berasa lebih enteng.
  • Lipbalm (lip ice). Pake lipbalm soalnya bibir saya gampang kering apalagi di ruangan ber-ac. Lip balm nya yang berwarna biar keliatan cerah. Habis lahiran pasti banyak tamu yang jenguk hehe mama harus tetep keliatan segar.
  • Lip cheek stain (The Body Shop). Saya pake biar keliatan seger aja, ga pucet. Biar ga keliatan kaya orang sakit.
  • Baju ganti. Bawa underware agak banyakan ya mom takutnya darah nifas nya tembus. Bawa bh yang nyaman. Bawa baju yang adem dan gampang buat nyusuin. Kalau udah punya baju menyusui, dipake aja mams.
  • Handuk. Handuk rs biasanya dipake sama yang jaga atau nginep nungguin kita di rs. Jadi saya bawa handuk pribadi sendiri.
  • Perlengkapan mandi. Biasanya di rs dikasih. Tapi kalau mams punya perlengkapan mandi dengan merk khusus yang udah terlanjur cocok. Bawa ya mams. Oiya biasanya perlengkapan mandi dari rs ga disediain sabun cuci muka. Jangan lupa bawa sabun cuci muka ya mams.

Semoga bermanfaat. Semoga lancar proses lahirannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s