Premarital Check Up (pemeriksaan kesehatan sebelum menikah)

Sekarang ini udah lumayan banyak orang yang melakukan premarital check up sebelum nikah. Menurut saya, pemeriksaan tersebut penting banget apalagi untuk orang-orang yang agak beresiko, kaya saya ini, yang berprofesi sebagai dokter hewan. Kenapa? Ya karena kami sering kontak dengan hewan-hewan yang bisa saja terinfeksi penyakit.

Apa aja yang diperiksa?

Nah kalau saya, saya memilih untuk konsultasi ke dokter spesialis kandungan (SpOG) terlebih dahulu, ga main langsung ke lab dan centang-centangin sendiri apa yang mau diperiksa hehe

Saya konsultasi ke dr. H. Erdwin Rakun, SpOG di kemanggisan. Saya dateng ke tempat praktek beliau, kebetulan ada jadwal praktek hari sabtu, pas banget calon suami saya bisa dateng kalau weekend (biar ditemenin). Dokter Erdwin juga praktek di Rs Harapan Kita, sama di Rs Puri Indah. Jadwalnya cari aja ya di Google.

Kalau mau dateng di tempat praktek beliau yang di kemanggisan, telepon dulu malam sebelumnya biar dapet nomer awal. Lumayan loh ngantrinya agak panjang juga, bisa sampe siang baru beres.

Sekalian review dokter ya. Dokter Erdwin ini orangnya santai banget, ga nakut-nakutin, enjoy lah pokoknya, dan suka ketawa. Dokternya udah sekitar 60 tahunan tapi keliatan masih berjiwa muda.

Lanjut, hmm pengalaman ini adalah pengalaman pertama saya ke dokter SpOG hehe. Pertama dateng, diperiksa sama susternya, diukur berat badan, tinggi, sama tekanan darah. Ditanya udah pernah melahirkan belum, udah pernah berhubungan seks belum. Terus ditanya ada keluhah apa dan mau ngapain ke dokter. Saya jawab mau Premarital Check up.

Setelah itu, tiba giliran saya masuk ruang dokter. Ditanya-tanya sama dokternya, kapan nikahnya, kerjanya apa, dkk. Terus lanjut dokternya periksa kondisi kandungan saya melalui USG. Degdegan sih sambil berdoa, Ya Tuhan semoga semua baik-baik saja.

Dokternya sambil nunjukkin, ini rahim, ini ovarium. Baik-baik aja semuanya. Bersih. Saat itu juga, legaa hahaha

Abis itu dokternya isi form pemeriksaan laboratorium. Kebetulan di tempat beliau praktek, ada ruangan dan petugas Lab Biomedika yang standby, jadi kita ga perlu bolak balik ke lab deh, udah ada disitu.

Yang diperiksa: Hematologi lengkap, SGOT, SGPT, ACA IgG, ACA IgM, Hepatitis B, Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, HSV I dan II (masing-masing periksa IgG & IgM).

Harga premarital cek up biomedika

Lengkap banget. Total biaya pemeriksaan lab Rp 5.360.000,-. Kenapa periksanya lengkap banget? Balik lagi ya, semua tergantung pertimbangan dokternya dan keadaan pasien. Menurut saya, kenapa saya diperiksa lengkap banget? Sekali lagi, karena saya berprofesi sebagai dokter hewan (termasuk orang-orang yang beresiko).

Hasilnya didapat sekitar seminggu setelah saya diambil darahnya. Puji Tuhan hasilnya bagus semua kecuali HSV II IgM ada di boorderline (tengah-tengah antara positif dan negatif). Sempet degdegan tapi kata dokternya ga apa apa, terus saya dikasih resep antioksidan Astria, omega 3, dll pokoknya vitamin gitu supaya daya tahan tubuhnya kuat. Dan disuruh banyakin makan sayur buah. Dan beneran ngefek loh. Saya merasa lebih seger haha.

Kalau calon suami saya, disuruh dokter untuk periksa lab Analisa Sperma. Biayanya Rp 145.000,-. Yang diperiksa: makroskopis dan mikroskopis sperma, motilitas, konsentrasi, dan morfologi. Cara meriksanya gimana tuh? Caranya calon suami datang ke laboratorium Biomedika, tapi sebelumnya udah puasa 4 hari dulu ga mengeluarkan sperma. Nah abis itu dikasih tabung penampung sperma, lalu disuruh masuk ke ruangan kosong (sendirian). Kalau udah tertampung, kasih ke petugasnya deh. Beres. Hasil pemeriksaannya cepet kalau ga salah 2 atau 3 hari udah ada hasilnya. Puji Tuhan hasilnya normal semua.

Oiya, ada baiknya pemeriksaan Premarital ini dilakukan sekitar 6 bulan sebelum menikah ya. Supaya kalau misalnya ada apa-apa, ada waktu untuk pengobatan. Jadi abis nikah udah sama-sama sehat, baik isteri maupun suami, dan siap buat punya anak yang sehat dan cerdas. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s